Menentukan ruang sampel suatu percobaan sederhana
StandarKompetensi:
4.1 Menentukan ruang sampel suatu percobaan sederhana
KompetensiDasar:
1. Mengklasifikasikan ruang sampel dan titik sampel dari suatu percobaan
2. Menentukan ruang sampel dan titik sampel suatu percobaan atau kejadian
Indikator:
1. Mengenal pengertian ruang sample dan titik sampel
2. menentukan ruang sample suatu percobaan dengan mendata titik-titik sampelna
4.1 Menentukan ruang sampel suatu percobaan sederhana
KompetensiDasar:
1. Mengklasifikasikan ruang sampel dan titik sampel dari suatu percobaan
2. Menentukan ruang sampel dan titik sampel suatu percobaan atau kejadian
Indikator:
1. Mengenal pengertian ruang sample dan titik sampel
2. menentukan ruang sample suatu percobaan dengan mendata titik-titik sampelna
A. Pengertian Ruang Sampel dan Titik Sampel
Ø
Ruang
sample
Ruang
sample dari suatu percobaan adalah himpunan semua kejadian (hasil) yang mungkin
terjadi pada suatu percobaan/kejadian. Untuk selanjutnya ruang sample
dituliskan lambang “S”.
Contoh:
• Ruang sample pada pengetosan sebuah dadu adalah S={ 1, 2, 3, 4, 5,
6}
• Ruang sample pada
pengetosan mata uang logam adalah S={ A, G }
b.
Titik Sampel
Titik Sampel adalah anggota-anggota dari ruang sampel atau
kemungkinan – kemungkinan yang muncul.
Contoh:
• Titik sampel pelemparan
sebuah dadu adalah 1,2,3,4,5,6
• Titik sampel pada pelemparan sebuah dadu yang merupakan bilangan
prima adalah 2,3,5
B. Menentukan Ruang Sampel Suatu Percobaan
Ada tiga cara yang
biasa digunakan untuk menentukan ruang sampel suatu percobaan pada pelemparan
mata uang logam dan pelemparan sebuah dadu yaitu:
1. Cara Mendaftar
2. Dagram Pohon
3. Tabel
1. Cara Mendaftar
2. Dagram Pohon
3. Tabel
Contoh
:
1.
|
Pada percobaan
melempar dua buah mata uang logam (koin) homogen yang bersisi angka (A) dan
gambar (G) sebanyak satu kali. Tentukan ruang sampel percobaan
tersebut.
Jawab :
a. Cara Mendaftar
Pada pelemparan 2 buah uang logam
a. Ruang sampel
Jawab:
|
|
b.
|
Diagram pohon:
Kejadian yang
mungkin :
AA : Muncul sisi angka pada kedua koin AG : Muncul sisi angka pada koin 1 dan sisi gambar pada koin 2 |
|
c.
|
Tabel:
Ruang sampel = {
(A,A), (A,G), (G,A), (G,G) }
Banyak titik sampel ada 4 yaitu (A,A), (A,G), (G,A), dan (G,G). |
|
2.
|
Dua dadu homogen
berbentuk kubus bermata 6 dilempar bersama-sama sebanyak satu kali. Tentukan
ruang sampel pada percobaan tersebut.
Jawab
:
|
|
Tabel:
|
||
Titik sampelnya ada
sebanyak 36 kemungkinan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar